postingan kali ini saya sediakan dalam bentuk jurnal :
Penyajian Data Jarak Pandang Orang Melihat
Tulisan Times New Roman Ukuran 12
Rijaldi ( 1306122 )
Program
Studi Teknik Informatika
Sekolah
Tinggi Teknologi Garut
Jl.
Mayor Syamsu No. 1 Jayaraga Garut 44151 Indonesia
Email
: 1306122@sttgarut.ac.id
Abstrak-Makalah
ini akan membahas mengenai cara penyajian data kemampuan seseorang dalam melihat tulisan Times New
Roman ukuran 12 menggunakan
metode penyajian distribusi frekuensi. Data yang disajikan adalah berupa Nilai dari 50
orang dalam satuan cm. Metode distribusi
frekwensi dan grafik ini sangat efektif untuk menyajikan data yang
berbeda-beda. Dengan mengelompokkan data kedalam beberapa kelas dan kemudian
dihitung banyaknya pengamatan yang masuk ke dalam tiap kelas.
Kata Kunci-Data,
frekuensi, grafik.
I. PENDAHULUAN
Mata merupakan bagian
tubuh manusia yang berfungsi untuk melihat objek. Dan merupakan salah satu dari
lima panca indra , yaitu indra penglihatan. Kemampuan melihat objek dilihat
bagaimana mata mempu melihat pada jarak dekat maupun jarak jauh. Hal tersebut
diatur oleh bagian yang terdapat pada lensa mata yang disebut otot siliaris
mata. Yang mengatur tingkat fokus dalam melihat objek.
Penelitian yang
dilakukan dimulai dengan mengumpulkan data dari 50 orang mengenai kemampuan
melihat tulisan times new roman ukuran 12. Dan yang menjadi nilai untuk disorot
atau diolah yaitu jarak dalam satuan cm menggunakan metode
distribusi frekuensi dan grafik. Metode distribusi frekuensi adalah cabang ilmu
dari Statistik dan Probabilitas, di mana metode ini akan mengelompokkan data ke
dalam beberapa kelas, sehingga akan mendapatkan hasil kesimpulan dari
pengelompokan tersebut.
II.
LANDASAN TEORI
A. Data
Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti
"sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti
suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil
pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat
berupa angka, kata-kata, atau citra [1].
B. Distribusi
Frekuensi [2]
Distribusi
frekuensi adalah susunan data menurut kelas-kelas interval tertentu atau
menurut kategori tertentu dalam sebuah daftar. Distribusi Tunggal adalah
satuan-satuan unit, urutan tiap skor, atau tiap varitas tertentu. Daftar yang
memuat data berkelompok disebut distribusi frekuensi kelompok atau tabel
frekuensi bergolong. Distribusi bergolong terdiri atas beberapa interval kelas
dalam penyusunannya. Selanjutnya, dari distribusi frekuensi dapat diperoleh
keterangan atau gambaran dan sistematis dari data yang diperoleh.
1.
Distribusi Frekuensi
Tunggal
Dalam suatu penelitian tentang Prestasi Matematika siswa
“SD Negeri Ketapang I”, diperoleh data sebagai berikut.
Mata Pelajaran
: Matematika
Jenis Kelamin Siswa
: Pria
Jumlah Siswa
: 72
orang
7 6 6 6 5 7 6 5 4 6 7 7
6 7 5 6 6 7
6 6 6 6 6 5 6 6 6 7 7 5
7 7 8 5 6 5
Selanjutnya, sebaran data tentang prestasi siswa dalam mata
pelajaran “Matematika” tersebut dibuat dalam bentuk tabel distribusi .
2. Distribusi Frekuensi
Bergolong
Prestasi Belajar mahasiswa PGSD dalam Mata Kuliah
“Statistika I”, seperti tertera pada data berikut ini.
65 66 67 68 69 70 70 70 70 71
71 71 72 72 72 72 72 72 73 73
Selanjutnya untuk membuatnya menjadi data dalam bentuk
distribusi frekuensi bergolong, maka beberapa langkah berikut ini perlu
ditempuh.
a). Mengurutkan data dari yang
terkecil ke yang terbesar.
b). Menentukan jangkauan (range) dari data.
c). Menentukan banyaknya kelas ( k )
d) Menentukan lebar interval kelas
Lebar kelas sebaiknya bilangan ganjil karena untuk
menghindari titik tengah yang pecahan atau desimal.
e). Menentukan batas bawah kelas pertama. Batas bawah kelas
sebaiknya kelipatan dari lebar kelas.
f). Batas bawah kelas pertama biasanya dipilih dari data
terkecil atau data terkecil yang berasal dari pelebaran range (data yang lebih
kecil dari data terkecil) dan selisihnya harus kurang dari panjang interval
kelasnya.
g). Menuliskan frekuensi kelas dalam kolom turus atau tally
(sistem turus) sesuai dengan banyaknya data.
C. Grafik
Grafik
adalah suatu visualisasi table, yang dimana table tersebut berupa angka–angka
yang dapat disajikan ataupun dapat ditampilkan ke dalam bentuk gamba. Penyajian data dalam bentuk grafik bertujuan untuk
memberikan gambaran sebaran data dalam bentuk visualisasi. Ada beberapa macam
grafik yang biasa digunakan untuk memberikan gambaran data, yakni: histogram,
poligon, dan Ogive.
III. HASIL DAN
PEMBAHASAN
Dalam hal ini penulis menerapkan metode
distribusi frekuensi pada penyajian data kemampuan melihat orang terhadap tulisan times new roman ukuran 12 dalam
satuan cm.
Data diambil dari 50 orang teman pada hari Sabtu
tanggal 14 Maret 2015.
No.
|
Nama
|
Nilai (cm)
|
1.
|
Rijaldi
|
153
|
2.
|
Dindin
|
123
|
3.
|
Hasan
B
|
155
|
4.
|
Rian
R
|
139
|
5.
|
Sudrajat
M
|
148
|
6.
|
Iman
|
151
|
7.
|
Aslan
|
137
|
8.
|
Asep
M
|
122
|
9.
|
Muhammad
Imron
|
160
|
10.
|
Zainal
|
155
|
11.
|
Rudi
W
|
90
|
12.
|
Wilma
N H
|
128
|
13.
|
Arif
Firmansyah
|
112
|
14.
|
Maman
Sopian
|
145
|
15.
|
Aa
Sopian
|
111
|
16.
|
Riki
Z
|
90
|
17.
|
Farid
M
|
132
|
18.
|
Fikri
N
|
122
|
19.
|
Mina
W
|
127
|
20.
|
Kiki
F
|
142
|
21.
|
Tuti
W
|
144
|
22.
|
Adi
M
|
130
|
23.
|
Adit
H
|
134
|
24.
|
Yani
N
|
87
|
25.
|
Nina
S
|
149
|
26.
|
Rina
A
|
140
|
27.
|
Rani
N
|
136
|
28.
|
Dodit
W
|
125
|
29.
|
Ade
R
|
45
|
30.
|
Zulfikar
A F
|
167
|
31.
|
Azi
F
|
124
|
32.
|
Ikhwan
Aulia
|
121
|
33.
|
Wandi
Supriadi
|
53
|
34.
|
Ardi
S R S
|
49
|
35.
|
Rana
S
|
147
|
36.
|
Deni
S
|
117
|
37.
|
Rian
P
|
152
|
38.
|
Rian
A
|
119
|
39.
|
Asep
S
|
113
|
40.
|
Silfa
S
|
153
|
41.
|
Fitria
U
|
143
|
42.
|
Agus
H
|
146
|
43.
|
Malik
A
|
114
|
44.
|
Yogi
Y
|
157
|
45
|
Vina
N
|
116
|
46.
|
Bagas
B
|
89
|
47.
|
Umam
M 133
|
133
|
48.
|
Diki
A
|
158
|
49.
|
Susi
S
|
131
|
50
|
Nani
N
|
149
|
Berikut ini adalah pembahasan dari hasil
penyajian data jumlah karakter status Facebook
Nilai Minimal = 45
Nilai Maksimal = 167
Range = 167-45
= 122
Kelas
= 1 + 3.32 log (n)
2k
>/ n
2k
>/ 50 .. k = 6, 7, ... pilih 7
Interval
= R / K
= 122/7
= 17
Tabel Data Awal
Nilai
|
|
Min
|
45
|
Max
|
167
|
Range
|
122
|
Class
|
7
|
Interval
|
17
|
Rekap Data Dalam Tabel
T.Bawah
|
T.Atas
|
Turus
|
Frekwensi
|
Relatif
|
45
|
61
|
III
|
3
|
6%
|
62
|
78
|
0
|
0
|
0%
|
79
|
95
|
IIII
|
4
|
8%
|
96
|
112
|
II
|
2
|
4%
|
113
|
129
|
VVIIII
|
14
|
28%
|
130
|
146
|
VVIIII
|
14
|
28%
|
147
|
163
|
VVII
|
12
|
24%
|
164
|
167
|
I
|
1
|
2%
|
Total
|
50
|
100%
|
Tabel Distribusi Kumulatif
Kurang
Dari
|
Frekwensi
Kumulatif
|
Lebih
Dari
|
Frekwensi
Kumulatif
|
<44
|
0
|
>44
|
50
|
<61
|
3
|
>61
|
47
|
<78
|
3
|
>78
|
47
|
<95
|
7
|
>95
|
43
|
<112
|
8
|
>112
|
41
|
<129
|
23
|
>129
|
27
|
<146
|
36
|
>146
|
13
|
<163
|
49
|
>163
|
1
|
<167
|
50
|
>167
|
0
|
Histogram Frekwensi
Batas
Bawah
|
Batas
Atas
|
Frekwensi
|
16
|
33
|
3
|
33
|
50
|
0
|
50
|
67
|
4
|
67
|
84
|
2
|
84
|
101
|
14
|
101
|
118
|
14
|
118
|
135
|
12
|
135
|
167
|
1
|
Poligon Frekwensi
Tepi
Bawah
|
Tepi
Atas
|
Nilai
Tengah
|
Frekwensi
|
16
|
0
|
||
45
|
61
|
83,5
|
3
|
62
|
78
|
109
|
0
|
79
|
95
|
134,5
|
4
|
96
|
112
|
160
|
2
|
113
|
129
|
185,5
|
14
|
130
|
146
|
211
|
14
|
147
|
163
|
236,5
|
12
|
164
|
167
|
249
|
1
|
167
|
0
|
Kurang
Dari
|
Frekwensi
|
Lebih Dari
|
Frekwensi
|
<44
|
3
|
>44
|
50
|
<61
|
3
|
>61
|
47
|
<78
|
7
|
>78
|
47
|
<96
|
9
|
>96
|
43
|
<112
|
23
|
>112
|
41
|
<129
|
37
|
>129
|
27
|
<146
|
49
|
>146
|
13
|
<163
|
50
|
>163
|
1
|
IV. KESIMPULAN
Beberapa kesimpulan yang dapat ditarik
dari makalah ini adalah sebagai berikut :
· Mata merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk
melihat objek.
· Nilai tertinggi berada pada jarak 167 cm, dan terendah
45 cm.
· Rata-rata kemampuan melihat terdapat pada kondisi tepi
atas dan bawah 113-129, dan 130-146 dengan masing-masing frekwensi 14 orang
atau dalam relatif masing-masing 28% dari 50 orang.
· Metode distribusi
frekuensi adalah cabang ilmu dari Statistik dan Probabilitas
· Pengumpulan dan
pengelompokan data kemampuan melihat dari 50
orang dapat
menggunakan metode distribusi frekuensi dan grafik
· Grafik yang
digunakan untuk penyajian data antara lain Poligon, Ogif dan Histogram
DAFTAR PUSTAKA
[1] WikiPedia. Data. [Online].
Tersedia : http://id.wikipedia.org/wiki/Data
[2] Distribusi
Frekuensi dan Grafik. [Online]. Tersedia : https://hedyansabila.wordpress.com/distribusi-frekuensi-dan-grafik
[3] JURNAL Data Status Facebook - Yana Nuryana 1306137
[4] Grafik. [Online]. Tersedia : http://pengertianapapun.blogspot.com/2015/02/pengertian-grafik-dan-contohnya-dilengkapi-jenis-jenisnya.html-2/
=======================================================================
=======================================================================
=======================================================================
lanjutan dari materi sebelumnya :
=======================================================================
=======================================================================
=======================================================================
lanjutan dari materi sebelumnya :
Penyajian Data Numerik
Penyajian Data
Distribusi Frekuensi dan Data Numerik dari 50 data kemampuan jarak pandang untuk tulisan times new
roman ukuran 12
Rijaldi (1306122)
Program Studi
Teknik Informatika
Sekolah Tinggi
Teknologi Garut
Jl. Mayor Syamsu No. 1
Jayaraga Garut 44151 Indonesia
Abstraksi
jurnal ini
membahas bagaimana penulis mengukur kemampuan
melihat dari 50 orang dalam melihat tulisan times new roman ukuran 12, penulis mengukur
kemampuan berdasarkan satuan cm. Setelah didapatkan 50 data, lalu
disajikan dalam Data Distribusi Frekuensi dan Data Numerik yang dimana disitu
menghitung nilai Mean (rata-rata), median, modus, dan ukuran letak dari
kuartil, desil dan persentil.
Kata
Kunci – Frekuensi, Grafik, Median, Modus, Kuartil, Desil, Persentil
I.
PENDAHULUAN
Tabel Distribusi Frekuensi
Tabel Frekuensi adalah tabel yang menyajikan hasil percobaan dengan seluruh
kemungkinan dinyatakan dengan variabel (angka-angka) disertai dengan frekuensi
dan nilai probabilitas. Yang dimana dalam menghitung Tabel Frekuensi
menggunakan bagian dari Kelas/Class, Batas kelas, Panjang kelas, Frekuensi, Nilai tengah.
Kelas
Kelas ( Class ) Pengelompokan individu atau item dari data (
Class ) yang diobservasi kedalam batas – batas nilai tertentu
Batas kelas
Bilangan – bilangan yang membatasi kelas – kelas ( class
limit ) tertentu, yang memiliki 2 macam pengertian:
a.
Batas Kelas / ujung kelas ( State Class Limit ) yaitu bilangan - bilangan yang
tertera didalam suatu distribusi frekeuensi yang membatasi kelas – kelas
tertentu yang terdiri dari :
·
Batas bawah kelas / Ujung bawah
kelas (Lower State Class limit/ LCL) Adalah bilangan yang paling kecil yang
membatasi kelas tertentu.
·
Batas atas kelas/Ujung atas kelas
(Upper State Class limit/ UCL) Bilangan yang paling besar yang membatasi kelas
tertentu.
b.
Batas kelas sebenarnya / Tepi kelas ( Class Boundaries ) yaitu bilangan:
·
Batas bawah kelas sebenarnya/tepi
bawah kelas ( Lower Class Boundaries / LCB ) Bilangan yang diperoleh dari
rata-rata ujung atas kelas sebelumnya dengan ujung bawah kelas yang
bersangkutan.
·
Batas atas kelas sebenarnya/tepi
atas kelas ( Upper Class Boundaries / UCB ) Bilangan yang diperoleh dari
rata-rata ujung atas kelas yang bersangkutan dengan ujung bawah kelas yang
berikutnya.
Panjang kelas
Panjang kelas /Lebar kelas / Ukuran Kelas ( Class interval /
Class Size ) Ã
Ci Bilangan – bilangan yang menunjukkan panjang / lebar / ukuran dari tiap –
tiap kelas yang diperoleh dengan cara mengurangkan batas bawah kelas berikutnya
dengan batas kelas yang bersangkutan.
Frekuensi
Angka yang menunjukkan banyaknya data individual yang
terdapat dalam satu kelas.
Nilai
tengah
Nilai tengah/ titik tengah/tanda kelas ( Midpoint / Class
Mark ) adalah bilangan – bilangan yang dapat mewakili kelas – kelas
tertentu yang diperoleh dengan jalan atau cara merata – ratakan batas kelas
yang bersangkutan.
Ukuran Pemusatan Data
Ukuran Pemusatan Data adalah bilangan atau keterangan yang
dapat mewakili deretan bilangan atau deretan keterangan tertentu atau suatu
nilai yang mewakili suatu kelompok data yang pada umunya mempunyai
kecenderungan terletak di tengah – tengah dan memusat dalam suatu kelompok data
yang disusun menurut besar kecilnya nilai data.
II.
URAIAN PENELITIAN
A.
Tahap Telaah
Daftar
dari Pengukuran 50 orang
No.
|
Nama
|
Nilai(cm)
|
1
|
Rijaldi
|
153
|
2
|
Dindin
|
123
|
3
|
Hasan B
|
155
|
4
|
Rian R
|
139
|
5
|
Sudrajat M
|
148
|
6
|
Iman
|
151
|
7
|
Aslan
|
137
|
8
|
Asep M
|
122
|
9
|
Muhammad Imron
|
160
|
10
|
Zainal
|
155
|
11
|
Rudi W
|
90
|
12
|
Wilma N H
|
128
|
13
|
Arif Firmansyah
|
112
|
14
|
Maman Sopian
|
145
|
15
|
Aa Sopian
|
111
|
16
|
Riki Z
|
90
|
17
|
Farid M
|
132
|
18
|
Fikri N
|
122
|
19
|
Mina W
|
127
|
20
|
Kiki F
|
142
|
21
|
Tuti W
|
144
|
22
|
Adi M
|
130
|
23
|
Adit H
|
134
|
24
|
Yani N
|
87
|
25
|
Nina S
|
149
|
26
|
Rina A
|
140
|
27
|
Rani N
|
136
|
28
|
Dodit W
|
125
|
29
|
Ade R
|
45
|
30
|
Zulfikar A F
|
167
|
31
|
Azi F
|
124
|
32
|
Ikhwan Aulia
|
121
|
33
|
Wandi Supriadi
|
53
|
34
|
Ardi S R S
|
49
|
35
|
Rana S
|
147
|
36
|
Deni S
|
117
|
37
|
Rian P
|
152
|
38
|
Rian A
|
119
|
39
|
Asep S
|
113
|
40
|
Silfa S
|
153
|
41
|
Fitria U
|
143
|
42
|
Agus H
|
146
|
43
|
Malik A
|
114
|
44
|
Yogi Y
|
157
|
45
|
Vina N
|
116
|
46
|
Bagas B
|
89
|
47
|
Umam M
|
133
|
48
|
Diki A
|
158
|
49
|
Susi S
|
131
|
50
|
Nani N
|
149
|
Penyajian Distribusi Frekuensi :
1. Menentukan
jangkauan (range) dari data (R).
Jangkauan = data terbesar – data
terkecil.
R = 167 – 45
R
= 122
2. Menentukan
banyaknya kelas (K).
K
= 2k > n , n : banyaknya data.
K
= 26 > 50 , 64 > 50.
K = 6
3. Menentukan
panjang interval kelas.
Panjang
interval kelas (i) = Jangkauan (R) / Jumlah Kelas (K)
i
= 122/6
i
= 61
4. Menentukan batas bawah kelas pertama.
Tepi bawah kelas pertama biasanya dipilih dari data terkecil atau data yang
berasal dari pelebaran jangkauan (data yang lebih kecil dari data data
terkecil) dan selisihnya harus kurang dari panjang interval kelasnya.
T.Bawah
|
T.Atas
|
Turus
|
Frekwensi
|
Relatif
|
45
|
61
|
III
|
3
|
6%
|
62
|
78
|
0
|
0
|
0%
|
79
|
95
|
IIII
|
4
|
8%
|
96
|
112
|
II
|
2
|
4%
|
113
|
129
|
VVIIII
|
14
|
28%
|
130
|
146
|
VVIIII
|
14
|
28%
|
147
|
163
|
VVII
|
12
|
24%
|
164
|
167
|
I
|
1
|
2%
|
Total
|
50
|
100%
|
Histogram
Frekuensi
Batas
Bawah
|
Batas
Atas
|
Frekwensi
|
16
|
33
|
3
|
33
|
50
|
0
|
50
|
67
|
4
|
67
|
84
|
2
|
84
|
101
|
14
|
101
|
118
|
14
|
118
|
135
|
12
|
135
|
167
|
1
|
Poligon
Frekuensi
Tepi
Bawah
|
Tepi
Atas
|
Nilai
Tengah
|
Frekwensi
|
16
|
0
|
||
45
|
61
|
83,5
|
3
|
62
|
78
|
109
|
0
|
79
|
95
|
134,5
|
4
|
96
|
112
|
160
|
2
|
113
|
129
|
185,5
|
14
|
130
|
146
|
211
|
14
|
147
|
163
|
236,5
|
12
|
164
|
167
|
249
|
1
|
167
|
0
|
Tabel
Distribusi Kumulatif
Kurang
Dari
|
Frekwensi
|
Lebih Dari
|
Frekwensi
|
<44
|
3
|
>44
|
50
|
<61
|
3
|
>61
|
47
|
<78
|
7
|
>78
|
47
|
<96
|
9
|
>96
|
43
|
<112
|
23
|
>112
|
41
|
<129
|
37
|
>129
|
27
|
<146
|
49
|
>146
|
13
|
<163
|
50
|
>163
|
1
|
Penyajian Data Numerik :
Penyajian Data Numerik diperoleh
dari data yang sudah ada yaitu dari data Batas Bawah, Batas Atas, Frekuensi dan
Frekuensi Kumulatif yang membantu memperoleh nilai yang di inginkan.
Batas
Atas
|
Frekuensi
|
Frekuensi
Kumulatif
|
|
16
|
33
|
3
|
3
|
33
|
50
|
0
|
3
|
50
|
67
|
4
|
7
|
67
|
84
|
2
|
9
|
84
|
101
|
14
|
23
|
101
|
118
|
14
|
37
|
118
|
135
|
12
|
49
|
135
|
167
|
1
|
50
|
MEAN
Mean = jumlah nilai data pengamatan / banyaknya data anggota
sampel.
Mean = 6344/50
Mean = 126,88
MEDIAN
Untuk menentukan
hasil dari median, diperlukan rumus untuk menghasilkan nilainya. Untuk rumus
yaitu sbb :
Dengan
:
L : Batas bawah
kelas frekuensi yang mengandung median
i : interval
kelas/lebar kelas
n : banyaknya
data
F : frekuensi
kumulatif sebelum kelas yang mengandung median
f : frekuensi
kelas yang mengandung median
Jadi
:
L : banyaknya data anggota sampel / 2.
50 / 2 = 25
Kalau
di lihat dari Frekuensi Kumulatif angka ‘25’ terletak pada baris ke-6, jadi untuk L ditentukan dari batas bawah kelas pada
baris 6, yaitu : 101
Batas Bawah
|
Batas Atas
|
Frekuensi
|
Frekuensi Kumulatif
|
16
|
33
|
3
|
3
|
33
|
50
|
0
|
3
|
50
|
67
|
4
|
7
|
67
|
84
|
2
|
9
|
84
|
101
|
14
|
23
|
101
|
118
|
14
|
37
|
118
|
135
|
12
|
49
|
135
|
167
|
1
|
50
|
i : 17
n : 50
F : 23
f : 14
Med =
L + i (n/2 – F)
F
Med
= 101 + 17 (50/2 – 23)
14
Med
= 102,319
MODUS
Untuk menentukan
hasil dari modus, diperlukan rumus untuk menghasilkan nilainya. Untuk rumusnya
yaitu sbb :
Dengan
:
L : batas
bawah kelas yang mengandung modus
i : interval
kelas/lebar kelas
d1 : selisih
frekuensi kelas yang mengandung modus dengan kelas sebelumnya
d2 : selisih
frekuensi kelas yang mengandung modus dengan kelas sesudahnya
d1 : 29 – 7 = 22
d2 : 29 – 7 = 22
Mod
= L + i ( d1 )
d1+d2
Mod
= 101 +17 ( 0 )
0+2
Mod
= 101
KUARTIL
Kuartil,
membagi data menjadi seperempat bagian yang sama untuk data-nya menggunakan
rumus sbb :
Dengan
:
Qk = kuartil ke-k,
dimana k=1, 2 atau 3
n = banyaknya
data sampel
i = interval
kelas/lebar kelas
L = batas
bawah kelas yang mengandung kuartil ke-k
F = frekuensi
kumulatif sebelum kelas yang mengandung kuartil ke-k
f = frekuensi
kelas yang mengandung kuartil ke-k
Jadi
:
n : 50
i : 17
L : 101
F : 23
f : 14
k : 1, 2, 3
k
= 1 >
Q1 = L + i (k.n/4-F)
f
Q1 = 101 + 17 (1.50/4-23)
14
Q1 = 88,25
k
= 2 >
Q2 = L + i (k.n/4-F)
f
Q2 = 101
+ 17 (2.50/4-23)
14
Q2 = 103,428
k = 3 > Q3
= L + i (k.n/4-F)
f
Q3 = 101
+ 17 (3.50/4-23)
14
Q3 = 118,607
DESIL
Desil, sekelompok data terurut terbagi menjadi 10 bagian yang sama. untuk data-nya
menggunakan rumus sbb :
Karena desil
membagi letaknya sampai k : 1-10, dan bila harus menghitung sampai 10 akan cukup banyak, jadi disini saya hanya menghitung sampai 3 saja , disamakan dengan yang
kuartil 1 – 3. Jadi :
k = 1 >
D1 = L + i (k.n/10-F)
f
D1 = 101 + 17 (1.50/10-23)
14
D1 = 79,142
k = 2 > D2
= L + i (k.n/10-F)
f
D2 = 101
+ 17 (2.50/10-23)
14
D2 = 85,214
k = 3 > D3 = L + i (k.n/10-F)
f
D3 = 101
+ 17 (3.50/10-23)
14
D3 = 91,285
PERSENTIL
Persentil, sekelompok data terurut terbagi menjadi 100 bagian yang sama. untuk data-nya
menggunakan rumus sbb :
Sama
halnya dengan Kuartil dan Desil, biar disamakan saja, jadi saya menghitung ‘k’
nya dari 1 – 3 saja. Jadi :
k =
1 >
P1 = L + i (k.n/100-F)
f
P1 = 101
+ 17 (1.50/100-23)
14
P1 = 73,678
k = 2 > P2
= L + i (k.n/100-F)
f
P2 = 101
+ 17 (2.50/100-23)
14
P2 = 74,285
k = 3 > P3
= L + i (k.n/100-F)
f
P3 = 101
+ 17 (3.50/100-23)
14
P3 = 74,892
III.
KESIMPULAN/RINGKASAN
Jadi, dengan data
50 orang dengan kemampuan jarak pandang dalam satuan cm, penulis dapat
menemukan hasil dari Histogram Frekuensi, Poligon Frekuensi, Tabel Distribusi
Kumulatif yang nantinya menghasilkan grafik ogif (positif dan negatif). Di
samping itu, dapat menemukan hasil dari :
mean (rata-rata) : 126,88
median : 102,319
modus : 101
Kuartil1
: 88,25
Kuartil2
: 103,428
Kuartil3
: 118,607
Desil1 : 79,142
Desil2 : 85,214
Desil3 : 91,285
Persentil1
: 73,678
Persentil2
: 74,285
Persentil3
: 74,892
DAFTAR PUSTAKA
Sarah, Irsyad., Meisa, Yusti., dkk. 2012. Modul Statistika dan Probabilitas I.
UNPAD:Bandung.
No comments:
Post a Comment